Minggu, 18 November 2018

Perusahaan Software Engineer

PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

TUGAS 3

Membuat Perusahaan


Disusun Oleh :
1. Nadya Pramesti (54415945)
2. Nur Annisa (55415169)
3. Ori Defikri (55415281)
4. Ossi Anggia (55415286)
5. Qais Cahyo (55415473)
6. Raden Aru Suryo (55415497)



Nama Perusahaan:
PT. IndoTech

Bidang Usaha:
Software engineer

Lokasi Usaha:
Jalan Ir.H.Juanda No 73
Depok, Jawa Barat 12920 Indonesia
Telp: (021) 77212233
Fax: (021) 77212233


1.       Deskripsi umum Perusahaan
Nama Perusahaan : PT. IndoTech
Tanggal Berdiri : 32 Ivember 2025
Alamat : Jalan Ir. H. Juanda No 73 Depok, Jawa Barat 12920 Indonesia

Jenis Perusahaan : Software Engineer
Jumlah Karyawan : 45
Produk : Software Device
Merek Produk : Golden Software
Email : customer.support@indotech.com
Website : www.indotech.com



Latar Belakang:
Seiring dengan kemajuan teknologi pada masa kini khususnya di Indonesia, kami masih melihat beberapa kesulitan yang dihadapi masyarakat / perusahaan / pelaku bisnis yang mencari jasa pembuatan sebuah web atau aplikasi mobile. Dengan alasan tersebut maka disini kami ingin membuka sebuah peluang bisinis dibidang teknologi IT khususnya dalam hal pembuatan sebuah produk IT, dimana dalam hal ini kami membuat produk IT kami sendiri ataupun menerima tawaran dari client untuk membuat sebuah produk dalam bentuk web atau aplikasi mobile.

Visi:
Menjadikan Indonesia sebuah negara yang dapat maju melalui teknologi
Merealisasikan ide-ide brilian client
Memberikan hasil produk yang memuaskan dan prefesional



Misi:
Menjaga kerahasiaan produk client
Menjalain hubungan yang baik dengan client
Bersikap prefesional dalam bekerja
Menjunjung tinggi nilai-nilai hukum, terutama dalam hal Hak Cipta


Modal:
PT.  diawali dengan modal senilai Rp. 1.000.000.000

Prosedur Pendirian PT.IndoTech
Perusahaan kami merupakan perusahaan perseroan terbatas (PT) jenis menengah dikarenakan modal yang kami miliki hanya berkisar 1 Miliar. Selain itu, mengapa kami memilih PT menjadi badan usaha kami adalah karena badan usaha ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan yang lainnya dan perusahaan yang kami dirikan banyak memenuhi syarat-syarat menjadi PT seperti :
·         Pendiri minimal 5 orang atau lebih
·         Akta notaris yang berbahasa Indonesia
·         Setiap pendiri harus mengambil bagian atas saham, kecuali dalam rangka peleburan
·         Akta pendirian harus disahkan oleh Menteri kehakiman dan diumumkan dalam BNRI
·         Modal dasar minimal Rp 75jt dan modal disetor minimal 25% dari modal dasar
·         Minimal 1 orang direktur dan 1 orang komisaris
2.       SDM &Organisasi (Divisi-Divisi)
JUMLAH KARYAWAN
Perusahaan yang kami dirikan sampai saat ini sudah memiliki 45 karyawan yang tersebar didalam beberapa bagian, yaitu bagian financial/accounting manager, bagian marketing manager, bagianhuman resources division manager, bagian head of development, bagian project management dan administrasi, bagian internal audit dan quality assurance, bagian analyst manager, bagian web/application development manager dan bagian quality analyst manager.

Struktur Organisasi
·         Presiden Direktur
·         Manajer Pemasaran
·         Manajer Keuangan
·         Manajer Inventory
·         Manajer Produksi
·         Manajer Personalia


Keterangan:
·         Presiden Direktur             : Raden Aru
·         Manajer Pemasaran       : Qais Cahyo
·         Manajer Keuangan          : Ori Defikri
·         Manajer Inventory          : Nadya Pramesti
·         Manajer Produksi             : Ossi Anggia
·         Manajer Personalia         : Nur Annisa

3.       Aspek Pemasaran

1.       Riset Pelanggan. Membuat riset mengenai pelanggan yang akan dibuatkan aplikasi. Misalnya pelanggan yang akan dibuatkan aplikasi adalah perusahaan yang bergerak dibidang travel tour haji dan umrah, maka aplikasi yang dibuatkan akan bertemakan mengenai ibadah haji dan umrah.
2.       Menggunakan media sosial atau internet marketing. Pada era masa kini sudah tidak asing lagi menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, bbm untuk melakukan kegiatan promosi dari produk yang akan di jual. Oleh karena itu, perusahaan bikineen.com menggunakan media sosial sebagai salah satu wadah untuk mempromosikan produk aplikasi yang telah dibuat.
3.       Beriklan di media elektronik seperti di televisi maupun radio.
4.       Membuat sebuah web untuk menampilkan hasil aplikasi yang telah dibuat oleh perusahaan.
5.       Membuat kampanye sosial yang berkaitan dengan bisnis penjualan software. Misalnya kampanye mengenai “Anti bunuh Gajah Sumatera”. Maka aplikasi yang perusahaan kami buat adalah mengenai informasi Gajah Sumatera baik dalam bentuk Web maupun bentuk Aplikasi.
4.       Aspek Keuangan
IndoTech adalah sebuah perusahaan yang berdiri pada 17 November 2018 dan bergerak dalam pembuatan aplikasi berbasis Dekstop,Mobile dan Web mulai dari perencanaan, pembuatan desain tampilan hingga proses development.
Untuk mendirikan perusahaan ini dibutuhkan modal awal sebesar Rp 1.000.000.000,- dan memiliki komponen anggaran sebagai berikut:
·         Pengeluaran tetap
·         Sewa Tempat                                    : Rp 100.000.000,-/tahun
·         Listrik                                                   : Rp 5.000.000,-/bulan
·         Telepon                                              : Rp 10.000.000,-/bulan
·         Gaji dan Upah Karyawan             : Rp 950.000.000,-/bulan
Total biaya pengeluaran tetap per-tahun adalah sebesar Rp 100.000.000,- dan untuk pengeluaran tetap per-bulan sebesar Rp 965.000.000,-
  • Perlengkapan Kantor
    • 15 buah Laptop                 : 10.000.000,-/Pcs
    • Meja Komputer                : 5.000.000,-/Pcs
    • Kursi                                      : 1.000.000,-/Pcs
    • ATK                                        : 100.000,-
    • 10 buah PC                         : 15.000.000,-/Pcs
    • 7   buah AC                         : 5.000.000,-/Pcs
    • 4 Telepon                            : 3.000.000,-/Pcs
    • 7 Printer                               : 5.000.000,-/Pcs
    • 3 Kulkas                                : 10.000.000,-/Pcs
Total biaya perlengkapan kantor sebesar Rp 470.000.000,-
  • Perangkat Lunak
Perangkat Lunak Berbayar yang diperlukan:
1.       Aplikasi Desain Grafis
2.       Aplikasi Perkantoran (seperti Ms.Word, dll)
3.       Aplikasi Perancangan dan Pengolahan Database
4.       Aplikasi Pemodelan
Total biaya perangkat lunak yang diperlukan sebesar Rp 25.000.000,-
  • Gaji dan Upah Karyawan
·         Project Manager                                   : Rp 20.000.000,-
·         Accounting Manager                           : Rp 15.000.000,-
·         Human Resource                                  : Rp 8.000.000,-
·         Sistem Analyst                                        : Rp 10.000.000,-
·         Database Analyst                                 : Rp 8.000.000,-
·         Backend Developer                             : Rp 7.000.000,-
·         Frontend Developer                            : Rp 7.000.000,-
·         Mobile Application Developer         : Rp 8.000.000,-
·         Designer                                                   : Rp 7.000.000,-
·         Tester                                                         : Rp 5.000.000,-
Total gaji yang harus diberikan kepada karyawan sebesar Rp 950.000.000,
Blog Kelompok:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar