1. Buatlah tulisan yang membahas
tentang Definisi umum : Bisnis, TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan
Bisnis informatika.
Pengertian Bisnis
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah
suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau
bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis
dari bahasaInggris business,
dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam
konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk
mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Pengertian TIK (Teknologi
Informasi dan Komunikasi)
Teknologi
informasi dan komunikasi (TIK) memuat semua teknologi yang berhubungan dengan
penanganan informasi. Penanganan ini meliputi pengambilan, pengumpulan,
pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Jadi, TIK adalah teknologi
yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan,
penyebaran, dan penyajian informasi.
Ditinjau
dari susunan katanya, teknologi informasi dan komunikasi tersusun dari 3 (tiga)
kata yang masing-masing memiliki arti sendiri. Kata pertama, teknologi, berarti
pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong
manusia menyelesaikan masalahnya. Istilah teknologi sering menggambarkan
penemuan alat-alat baru yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik.
Kata kedua
dan ketiga, yakni informasi dan komunikasi, erat kaitannya dengan data.
Informasi berarti hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian sekelompok
data yang memberi nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya.
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari
satu pihak kepada pihak lain agar terjadi hubungan saling mempengaruhi di
antara keduanya.
Jadi dapat
di sumpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi adalah hasil rekayasa
manusia terhadap proses penyampaian informasi dan proses penyampaian pesan
(ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain sehingga lebih cepat, lebih
luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.
Pengertian Bisnis
Informatika
Bisnis dan informatika memiliki dua arti yang saling berbeda. Dalam pengertian
yang sederhana bisnis informatika memiliki pengertian suatu kegiatan yang
dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value)
dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan
bantuan teknologi informasi. Bisnis informatika berkembang dengan pesat akhir -
akhir ini seiring dengan berkembang pesatnya pula teknologi informasi karena bisnis
informatika muncul karena adanya peluang yang terdapat di dalam suatu teknologi
informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal
yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet.
Itulah
pengertian dari bisnis infromatika setelah kita mengetahui apa itu bisnis
infromatika hal yang perlu kita garis bawahi dari pengertian di atas adalah
bahwa suatu kegiataan yang memiliki nilai dengan tujuan mendapatkan keuntungan
dan dilakukan dengan bantuan teknologi informatika memiliki kaitan dengan
bisnis informatika, apapun bidangnya selama kita melakukan dengan bantuan
teknologi itu termasuk ke dalam bisnis informatika.
Contohnya
adalah segala kegiataan transaksi jual beli online saat ini. Transaksi seperti
ini sangat memudahkan para penjual ataupun pembeli tanpa ada batasan jarak dan
waktu cukup dengan modal computer, tablet ataupun smartphone penjual dan
pembeli dapat melakukan proses transaksi dimanapun dan kapanpun.
Transaksi
seperti ini sangat erat kaitannya dengan bisnis informatika. Dalam hakikatnya
peranan teknologi informatika banyak mencakup beberapa bidang salah satunya
pada bidang bisnis. Pada bidang ini biasanya peranan teknologi informasi akan
sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental
dan menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat.
2. Jenis
bisnis informatika software developers
Salah
satu jenis bisnis informatika yang saya pilih yaitu PT. Spasi Indonesia
yang merupakan salah satu perusahaan software developers terkemuka di
Indonesia. PT. Spasi Indonesia memberikan solusi perangkat lunak (software)
kepada perusahaan atau instansi untuk membantu permasalahan yang dihadapi
perusahaan dengan menggunakan standar industry, kebutuhan, dan teknologi
terbaru.
Produk
atau software yang dihasilkan oleh PT. Spasi Indonesia yaitu : Pertama, Phiro.
Phiro ini merupakan software yang memberikan solusi tentang Human Resources
(HR) yanag mengintegrasikan semua prose HR utama dan mengelola lifecycle
seluruh tenaga kerja perusahaan atau organisasi. Kedua, Edise.
Edise ini merupakan software yang memberikan solusi handal dan aman untuk
distribusi data dan konsolidai untuk mendukung pertumbuhan bisnis dan
mengurangi kompleksitas teknologi informasi. Ketiga, Moklaar. Moklaar
adalah sebuah software yang merupakan inovasi terdepan dalam membantu bank
memanajemen seluruh armada ATM. Keempat, Lexidoc. Lexidoc merupakan
software yang menyediakan fitur manajemen dokumen, terintegrasi dengan sistem
informasi saat ini dan dapat dimodifikasi untuk mengantisipasi perkembangan
proses bisnis dalam melakukan system kearsipan. System penjualan produk yang
dilakukan oleh PT. Spasi Indonesia yaitu : Pertama, dengan menggunakan
website dimana dalam website tersebut tersedia informasi secara ringkas dan
jelas tentang produk mereka. Kedua, mereka membuat sebuah video
yang menggambarkan bagaimana masalah perusahaan bisa teratasi dengan
menggunakan produk mereka. Ketiga, mereka juga membuat sebuah brosur online yang
memberikan penjelasan tentang produk mereka lebih secara detail dari video yang
saya maksud pada cara penjualan kedua. Keempat, jika klien mulai tertarik
melalui ketiga cara diatas maka klien bisa meminta kepada PT. Spasi Indonesia
untuk melakukan demo tentang produk mereka. Kemudian setelah klien setuju untuk
menggunakan produk PT. Spasi Indonesia maka baru dilakukan pemasangan softwarenya.
Berdasarkan
hasil penelusuran saya dari website PT. Spasi Indonesia mengenai produk mereka
dan fitur produknya, saya melihat keunggulan produk perusahan tersebut yaitu : Pertama,
dengan menggunakan software Phiro bisa membantu tugas bagian HRD dalam mengatur
administrasi personalia pegawai, perekrutan pegawai, perencanaan SDM, pelatihan
untuk meningkatkan kinerja karyawan, memanajemen peningkatan karir para
karyawan, dan, mengatur struktur organisasi perusahaan seperti hubungan dengan
badan usaha lain, lokasi, posisi, dan lain-lain. Kedua,
dengan menggunakan software Edise bisa membuat proses transfer data secara real
time, parallel dan bisa diatur secara fleksibel, jika dalam proses transfer
data terjadi ganggu bahkan terputus proses datanya maka data tersebut
tidak perlu dikirim ulang secara keseluruhan karena didukung proses resume,
metode kompresi, pemrosesan parallel, selain itu dapat melakukan pertukaran
berbagai jenis sumber data seperti oracle database, Microsoft sql server,
Firebird, dan lain-lain. Ketiga, dengan menggunakan software Moklaar bisa membantu
bank sebagai alat manajemen remote terhadap perangkat lunak ATM, menggunakan
teknologi dan bandwith yang lebih cepat daripada metode system copy operasi,
membantu bank untuk menghindari kerugian yang tidak perlu karena terjadinya
downtime ATM selain itu juga bisa membantu penghematan biaya operasional untuk
memantau ketersediaan seluruh armada ATM dan memberikan pemberitahuan otomatis
jika terjadi insiden sehinga bisa cepat ditangani. Keempat,
dengan menggunakan software Lexindoc bisa membantu perusahaan meningkatkan
akses informasi sehingga bisa memberikan respon yang lebih cepat untuk
peluang mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan keuntungan,mengurangi biaya
operasional bisnis, menyederhanakan infrastruktur TI, melindungi informasi
tentang data pelanggan, memperkuat pengendalian operasional. Kelima,
produk-produk PT. Spasi Indonesia ini sudah banyak digunakan oleh instansi
pemerintahan baik daerah maupun pusat, bank-bank ternama, serta
perusahaan-perusahaan besar, dan juga melakukan kerja sama dengan perusahaan
besar skala internasional dalam mendukung software mereka seperti Digital
Globe, IBM, dan lain-lain. Untuk kekurangan dari produk PT. Spasi Indonesia sejauh
saya telusuri dan saya baca mengenai informasi produknya belum ditemukan
kekurangannya.
3. Contoh perusahaan
yang bergerak di bidang bisnis informatika
a. Seputar indosat ooredoo
Indosat Ooredoo (lengkapnya PT
Indosat Tbk., sebelumnya bernama Indosat) adalah salah satu perusahaan penyedia
jasa telekomunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Perusahaan ini
menawarkan saluran komunikasi untuk pengguna telepon genggam dengan pilihan pra
bayar maupun pascabayar dengan merek jual Matrix Ooredoo, Mentari Ooredoo dan
IM3 Ooredo,jasa lainnya yang disediakan adalah saluran komunikasi via suara
untuk telepon tetap (fixed) termasuk sambungan langsung internasional IDD
(International Direct Dialing). Indosat Ooredoo juga menyediakan layanan
multimedia, internet dan komunikasi data (MIDI= Multimedia, Internet & Data
Communication Services).
Pada tahun 2011 Indosat Ooredoo
menguasai 21% pangsa pasar. Pada tahun 2013, Indosat Ooredoo memiliki 58,5 juta
pelanggan untuk telefon genggam. Pada tahun 2015 Indosat Ooredoo mengalami
kenaikan jumlah pelanggan sebesar 68,5 juta pelanggan dengan presentasi naik
24,7%, dibandingkan periode tahun 2014 sebesar 54,9 juta pengguna.
Pada bulan Februari 2013
perusahaan telekomunikasi Qatar yang sebelumnya bernama Qtel dan menguasai 65
persen saham Indosat berubah nama menjadi Ooredoo dan berencana mengganti
seluruh perusahaan miliknya atau di bawah kendalinya yang berada di Timur
Tengah, Afrika dan Asia Tenggara dengan nama Ooredoo pada tahun 2013 atau 2014.
Dua tahun kemudian, pada tanggal 19 November 2015 Indosat akhirnya mengubah
identitas dan logonya dengan nama Indosat Ooredoo.
b. Area bisnis yang dijalankan
indosat Ooredoo
Saat ini Jaringan Baru Indosat
telah siap di 23 kota di seluruh Indonesia, yang akan memberikan pelanggan
pengalaman terbaik dalam menikmati layanan data/internet Indosat yang cepat dan
stabil.
c. Karyawan yang dimiliki
indosat Ooredoo
Adapun
jumlah pekerja tetap (PKWTT) Indosat sekitar 3.400 orang dan pegawai kontrak
(PKWT) sebanyak 7.000 orang.
d. Pendapatan yang di dapat per
tahun
Jakarta, 29 Maret 2018 - PT
Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) berhasil membukukan pertumbuhan kuat dan positif
selama tahun 2017, memantapkan posisinya sebagai operator telekomunikasi kedua
terbesar di Indonesia. Selama tiga tahun berturut-turut Indosat Ooredoo telah
berhasil membukukan pertumbuhan positif yang menggembirakan, dimana tahun ini
berhasil mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar Rp1,1 triliun atau naik
sebesar 2,8%.
Melanjutkan pertumbuhan
pendapatan yang baik di tahun 2016, di tahun 2017 Indosat Ooredoo menunjukan
pertumbuhan pendapatan yang semakin sehat dan stabil sebesar 2,5% dibandingkan
periode yang sama tahun sebelumnya. Perusahaan telah mengantisipasi kenaikan
ini sesuai dengan pertumbuhan Industri dan performa perusahaan yang sangat baik
sejak tahun 2016. Pada tahun ini, perusahaan juga membukukan pendapatan
konsolidasian perusahaan sebesar Rp29,9 triliun, utamanya didukung oleh
pertumbuhan pendapatan segmen B2B atau MIDI hampir 10% dan seluler sebesar
1,7%. Hal ini menunjukan konsistensi perusahaan yang fokus pada strateginya dan
keberhasilan menjalankan program transformasi operasional dan organisasi selama
2017.
Pendapatan dari layanan data
seluler juga tumbuh pesat sebesar 40,2% dibanding tahun sebelumnya menjadi
Rp14,5 triliun, yang berasal dari pertumbuhan pengguna smartphone yang pada
akhir tahun 2017 Indosat Ooredoo memiliki 73 juta pengguna smartphone.
Kontribusi pendapatan data seluler pada tahun 2017 mencapai sekitar 60%
terhadap total pendapatan seluler.
e. Lama indosat Ooredoo berdiri
Indosat didirikan pada tahun
1967 sebagai Perusahaan Modal Asing, dan memulai operasinya pada tahun 1969.Pada
tahun 1980 Indosat menjadi Badan Usaha Milik Negara yang seluruh sahamnya
dimiliki oleh Pemerintah Indonesia.Hingga sekarang, Indosat menyediakan layanan
seluler, telekomunikasi internasional dan layanan satelit bagi penyelenggara
layanan broadcasting. Jadi hingga tahun 2018 sekarang indosat telah berdiri
selama 51 tahun.
Daftar Pustaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Indosat_Ooredoo
https://indosatooredoo.com/id/about-indosat/corporate-profile/press-release/pencapaian-akhir-tahun-2017-indosat-ooredoo
http://asal-usul-motivasi.blogspot.com/2011/05/asal-usul-sejarah-indosat.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
http://www.zonasiswa.com/2014/10/pengertian-teknologi-informasi-dan.html
https://ekonomi.kompas.com/read/2017/10/02/073000326/industri-telekomunikasi-dilanda-phk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar