Jumat, 27 Oktober 2017

Tugas 2 Desain Pemodelan Grafik




Saya akan mereview penggunaan poster pada bidang kesehatan pada poster di atas yaitu 4 kiat anti hipertensi.
1.      Kesatuan (Unity)
Merupakan salah satu prinsip dasar tata rupa yang sangat penting. Kalau tidak mengandung kesatuan dalam sebuah karya desain grafis maka akan membuat karya tersebut terlihat kacau-balau yang mengakibatkan sebuah karya desain grafis tersebut tidak akan nyaman dipandang.
Prinsip ini sesungguhnya adalah prinsip hubungan, dan untuk mencapai kesatuan tersebut harus mengandung beberapa unsur seperti hubungan warna, arah, dan sebagainya.

Pendapat mengenai poster diatas : Menurut saya beberapa unsur pada poster diatas memiliki beberapa kekurangan dari segi warna arah , dan juga banyaknya karakter yang dimasukkan di dalam poster tersebut, sehingga poster tersebut sedikit terlihat kacau.

2.      Keseimbangan (Balance)

Sebuah karya desain harus memiliki keseimbangan agar nyaman dipandang.  Dalam bidang desain grafis keseimbangan ini tidak dapat diukur tapi dapat dirasakan, yaitu suatu keadaan dimana semua bagian dalam sebuah karya tidak ada yang saling membebani namun saling menyeimbangkan.


Pendapat mengenai poster diatas : Mengenai keseimbangan, menurut yang saya rasakan adalah karya di atas kurang seimbang karna poster tersebut bertujun untuk di baca oleh banyak orang tapi dari segi warna menurut saya warna orange yang dominan itu kurang menarik untuk dipandanag, mungkin bisa menggunakan warna lain seperti biru awan atau warna yang lebih lembut, sehingga lebih enak dipandang dan juga untuk gambarnya terlalu banyak tokoh yang penempatannya menurut saya kurang tepat, sehingga menimbulkan kesan sedikit berantakan.

3.      Irama (Rhythm)

Irama dalam karya desain grafis merupakan pengulangan unsur-unsur pendukung. Unsur pendukung seperti tata letak, ruang kosong, pewarnaan dan sebagainya, menciptakan sebuah harmonisan yang nyaman dan indah. Perulangan-perulangan unsur tersbut akan membuat sebuah karya desain menjadi menarik dan baik.


Pendapat mengenai poster diatas : Dari segi tata letak saya lebih menyukai tata letak yang lebih rapi, sehingga mudah enak untuk dibaca, sedangka pada poster di atas tata letaknya sudah bagus, tetapi menimbulkan kesan yag agak padat karna terdapat banyak karakter, dan untuk penempatan ruang kosongnya sudah bagus, untuk memberikan beberapa space kosong di dalam posternya.

4.      Penekanan (aksentuasi)

Penekanan atau dominasi dalam karya desain grafis akan menimbulkan sesuatu hal yang menjadi pusat perhatian, menghilangkan kebosanan dan sebagainya. Hal seperti ini harus ada dalam sebuah karya desain grafis. Penekanan bisa  dilakukan melalui perulangan ukuran, serta kontras antara tekstur, nada warna, garis, ruang, bentuk atau motif.

Pendapat mengenai poster diatas : Penekanan yang di tekankan melalui poster di atas adalah berupa banyaknya ktampilan tokoh karakter yang ada, sehingga menimbulkan kesan yang menarik untuk dilihat.

5.      Proporsi (Proportion)

Proporsi dalam sebuah karya desain grafis untuk menimbulkan keserasian. Dan untuk meimbulkan keserasian harus menggunakan perbandingan-perbandingan yang tepat. Karena pada dasarnya proporsi yang tepat akan menimbulkan hal yang membuat sesuatu tersebut nyaman di pandang, begitu juga dengan desain grafis yang memiliki proporsi yang tepat.


Pendapat mengenai poster diatas : Dari poster diatas menurut saya proporsinya itu kurang serasi dari segi warna dan karakter yang terlalu banyak, sesuai dengan yang saya jelaskan sebelumnya, sehingga terkesan poster ini terlihat begitu ramai, sebaiknya dikrangi atau letaknya lebih di atur lagi dari segi tatat letaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar