- Pengertian desain pemodelan grafik.
Desain pemodelan grafik adalah
suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan
melalui beberapa tahapan yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan
citra. Desain Pemodelan Grafik terdiri dari 3 suku kata yaitu Desain,
Pemodelan dan Grafik, dari setiap arti suku kata tersebut memiliki pengertian
masing-masing, yaitu :
- Desain
Desain adalah seni terapan,
arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya. Desain juga diartikan sebagai kerangka
bentuk atau rancangan.
- Pemodelan
Pemodelan adalah pola/contoh dari
sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan adalah tahap dimana akan
dibentuknya suatu obyek. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan
beberapa langkah saat pembuatannya.
- Grafik
Grafik didefinisikan sebagai
pengungkaapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan
menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu
manipulasi model dan citra.
Desain Grafik
Desain grafik adalah seni dalam
berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan
bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual,
tipografi, tata letak, dan desain interaksi
- Perkembangan desain grafik di berbagai media.
Pada awalnya, media desain grafis
hanya terbatas pada media cetak (dua dimensi). Namun, perkembangannya hingga
saat ini semakin tidak terbendung, bahkan justru merambah ke dunia multimedia
(diantaranya audio dan video). desain grafis juga diterapkan dalam media
elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain
multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran
tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan
yang mencakup pengolahan ruang.
Beberapa Software
Dalam Desain Grafis
Perkembangan software tentunya
akan menghasilkan gambar yang mempunyai nilai seni yang tinggi. Hal ini
tentunya tidak terlepas dari penggunaan software. Ada beberapa software yang
digunakan dalam hal desain grafis antara lain :
- Adobe Photoshop
- Adobe Illustrator
- Adobe After Effect
- CorelDraw
- Macromedia Freehand
- Dll
Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi
dalam Membuat Design Pemodelan Grafis
- Pengaruh Kebudayaan
Kebudayaan sangat erat
hubungannya dengan masyarakat karena kebudayaan merupaka sarana hasil karya,
rasa dan cipta masyarakat. Budaya digunakan sebagai sumber pemikiran
untuk mengambangkan suatu desain grafis. Dalam pengaruhnya dibidang desain
grafis dapat kita lihat dalam pembuatan kerajinan daerah seperti batik.
- Pengaruh Teknologi
Dalam hampir dua dekade ini
teknologi komputer telah mempengaruhi perkembangan desain secara umum, dan
desain grafis secara khusus. Secara perlahan dan hampir tidak terbatas,
teknologi yang satu ini mendorong terjadinya banyak perubahan dalam desain
grafis. Bila Anda masih mempunyai majalah, kemasan produk, atau iklan yang
dikeluarkan sekitar enam puluhan, cobalah amati dan bandingkan dengan produk
sejenis yang keluar sekitar dua dasawarsa terakhir, Perubahan telah terjadi di
sana-sini. Sangat jarang kita temui iklan dengan gambar outline dan back ground
satau warna primer seperti yang sering muncul di iklan-iklan cetak enam
puluhan. Halaman-halamn majalah kini menjadi begitu berwarna dengan model,
warna-warna, komposisi yang terasa begitu nyata.
Bidang studi yang berkaitan
dengan desain pemodelan grafis
- Psikologi
Psikologi adalah sebuah bidang
ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan fungsi
mental manusia secara ilmiah. Para praktisi dalam bidang psikologi disebut para
psikologi. Para psikolog berusaha mempelajari peran fungsi mental dalam
perilaku individu maupun kelompok, selain juga mempelajari tentang proses
fisiologis dan neurobiologis yang mendasari perilaku. Psikologi ini berkaitan
dengan desain grafis contohnya dalam bidang Psikologi warna.
- Ergonomi
Dikonsentrasikan lebih pada aspek
fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik
yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan
ketik komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka
antara manusia dan mesin.
- Ilmu Bahasa
Ilmu Bahasa Komunikasi
manusia-komputer secara definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis
bahasa, apakah bahasa itu merupakan ‘bahasa natural’, suatu bahasa barbasis
perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis.
Ilmu Bahasa adalah pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa
komputasi dan bahasa teori formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan
secara luas dalam spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia-komputer. Teori
komunikasi matematis, seperti halnya Usaha (Shannon, 1948) dan ‘Prinsip Usaha
Manusia Terakhir’ (Zipf, 1949), juga menjadi jembatan antara ilmu bahasa, ilmu
komputer dan teknik elektronika.
- Sosiologi
Sosiologi dalam konteks ini
dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia-komputer pada
struktur lingkungannya.
- Teknik Elektronika
Ilmu ini menyediakan teknologi
kerangka kerja untuk desain sistem manusia komputer. Karena berbicara mengenai
komputer, khususnya dari sisi perangkat keras tidak terlepas dari pembicaraan
mengenai Teknik Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga harus
mengerti perangkat lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan dikembangkan.
Bidang teknik elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan
suatu sistem interaksi mausia-komputer.
Desain grafis dari segi IMK
Peranan desain pemodelan grafik
sangatlah penting dalam interkasi manusia dengan komputer atau dalam istilah
bahasa asingnya adalah Human Computer Interaction (HCI) dimana fungsi
pemodelan grafik adalah membuat sesuatu yang dapat mempermudah pengguna atau
user baik dalam menjalankan suatu program agar mudah dimengerti atau membuat
sesuatu yang mudah di sentuh, enak dilihat dan mudah digunakan dan sesuai atau
efisien.
Adaun metode-metode yang dapat
digunakan untuk proses interaksi antara manusia dan computer adalah sebagai
berikut:
- Ergonomi, hubungan manusia dengan mesin/komputer dimana interaksi tersebut dapat berupa bentuk fisik
- Faktor manusia, disini manusia berpihak sebagai user dimana tugas dari user adalah sebagai pemerintah untuk prosesnya suatu sistem kerja pada komputer
- Interaksi antar manusia dan komputer, yah seperti yang dijelaskan diatas disini harus terdapat sinkronisasi antara manusia dengan komputer.
- Kemampuan estetika dari desain grafis adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar